Sunday, February 1, 2009

Tekla Indonesia

Beberapa bulan lalu saya dapat kabar bagus dari orang Tekla Malaysia, bahwa salah satu rekan, Pamadaraji (Ajie) sedang dipertimbangkan untuk direkrut. Tidak mengejutkan buat saya, karena Ajie memang salah satu rekan yang paling semangat dalam pengembangan/kustomisasi Tekla Structures di tempat kerjanya. Determinasinya tinggi sekali dalam pemecahan masalah maupun pengembangan sesuatu yang masih sangat baru. User yang memakai TS/Xsteel dengan paradigma lama, saya menyebutnya user konvensional karena kurang biasa memakai feature baru, bakal tidak mengerti sama sekali tentang apa yang sedang diutak-atik oleh Ajie. Jika sudah begitu, tunggu saja, dalam beberapa waktu maka Ajie akan datang dengan pengembangan baru.. :)

Beberapa minggu lalu, nomor Malaysia rekan saya yang lain, Deno, menelpon saya. Kirain si Deno, ternyata eh ternyata si Ajie yang nelpon. Beliau sedang ada di Hotel Cititel di Mid Valley Mall, untuk menghadiri salah satu training Tekla. Ternyata rekan kita ini sudah resmi direkrut oleh Tekla Malaysia untuk mendirikan sekaligus mengurus Tekla Indonesia di Jakarta. Ini berita yang sangat bagus buat komunitas Tekla users di Indonesia, karena Tekla hadir tidak hanya sebagai reseller, tapi juga sebagai representatif resmi. Artinya, technical problems akan ditangani secara lebih profesional.

Sayangnya saya tak sempat berjumpa dengan Ajie waktu itu. Tapi yang penting tali silaturahim tetap tersambung, dan mudah-mudahan ada kesempatan lain di waktu yang akan datang.

Semoga sukses, Ajie! Semoga sukses Tekla Indonesia!

regards,

MC Nugraha

41 comments:

  1. sukses mas, ternyata ex PME jago2 ya

    ReplyDelete
  2. "ternyata" ya..?
    uh.. rupanya sempat diragukan euy.. hiks..
    ex PME sekarang pada nyebar dimana-mana. ada yang dah nyampe UK, US, yang deket2 Malay, yang betah di JKT juga banyak.
    yah, alhamdulillah.. yang penting semangat kerja, selalu berusaha jadi yang terbaik, soal hasilnya, ya mudah-mudahan aja naek gaji teruzzzz... halah.. :D

    ReplyDelete
  3. Hallo Semua...

    tuk para sesepuh tekla saya drie baru belajar tekla.ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:saya kesulitan menginstall program tekla ??saya sudah coba untuk men-copy sentinel kedalam folder BAT seperti yang di minta tapi tetap saja ngk bisa.tolong dibantu ??

    ReplyDelete
  4. hai Drie,
    itu tekla versi berapa? saya kok gak ingat harus copy-copy sentinel-nya ya? biasanya udah terinstall secara otomatis.
    regards,
    Nugraha

    ReplyDelete
  5. Hai juga mas Nugraha,

    Kalo ngk salah c memang sentinelnya sudah terinstall otomatis, tapi knp saat program d run ngk bisa y..?apa yang salah..??saya pake tekla v14.Mohon bantuannya.Satu lagi, kayaknya ini forum Tekla Indonesia pertama ya..??Tuk Moderator Forum moga2 forum terus langgeng...

    ReplyDelete
  6. Wah, kalo baca posting2 ttg tekla mania, kayaknya menarik.
    apalagi yg go international....jadi pengen.

    mau belajar tekla ahh...

    ReplyDelete
  7. Drie, kalau untuk versi 14, yang bisa saya pikirkan cuma 2 saat ini.
    1. isu dengan FlexNet. FlexNet adalah pengganti dongle (hardware lock). jadi mungkin ada masalah di pengaktifan (license activation) ataupun pengaturan license-nya (license management).
    2. instalasinya bermasalah dengan security/permission di windowsnya (khususnya kalo pake Vista)
    selain ini, saya belum terpikir yang lain.
    maaf kalau belum bisa bantu.

    ReplyDelete
  8. Puji, yang jelas semuanya bisa kalo kita berusaha. jadi hayo, semangat! hehehe..

    ReplyDelete
  9. Mas Nugraha
    Saya pake Tekla 14, klo mo lihat project properties ada dimana ya? Saya koq ga nemu di toolbar-nya?
    Thank's

    ReplyDelete
  10. Harry, kebetulan pertanyaanya sama dengan Setiawan di posting comments tentang tips web viewer. Silakan liat di: http://detailingtheworld.wordpress.com/2009/02/15/tips-melihat-web-viewer-tekla-buat-non-admin/#comments

    regards,
    Nugraha

    ReplyDelete
  11. Mas nugraha
    kalo buat nc file, barang kondisi lengkung kok gak bisa ya...
    soalnya saya buat partnya dari beam properties.

    sorry kalo pertanyaan saya udah ketinggalan jaman hehehe

    thx.

    ReplyDelete
  12. Mas nugraha Kalo tekla untuk precast itu sofware tersendiri apa sudah include di tekla struktur, kebetulan saya baru mau belajar tekla tapi khusus untuk precast !

    thk

    ReplyDelete
  13. Halo Didy.
    Tekla Structures sendiri terdiri dari beberapa macam level paket fungsi. Diantaranya: steel detailing, reinforced concrete, analisys and design dan project management. Precast sendiri sebenarnya termasuk dalam fungsi dasar paket-paket di atas tadi. Tapi kalau yang dimaksud adalah sampai reinforcement detailing-nya (detail tulangan baja), itu termasuk dalam paket RC (Reinforced Concrete).
    Tekla Structures untuk RC sendiri masih jarang dipakai, belum dikenal luas. Mungkin karena baru keluar dalam beberapa tahun terakhir, jadi masih relatif baru. Tapi saya lihat prospeknya sangat bagus, karena mendetail tulangan pakai CAD itu sangat susah. Apalagi untuk struktur beton yang komplex, banyak moment joint-nya, bisa lebih susah daripada steel. Sementara pakai Tekla Structures RC, semuanya bisa detail dengan lebih mudah, termasuk detail setiap tulangannya. Belum termasuk reports (material list, dll) yang pasti sangat membantu.
    Wah, komentarnya kepanjangan :)
    OK Didy, selamat belajar, mudah-mudahan bisa berkolaborasi suatu saat nanti.

    regards,
    Nugraha

    ReplyDelete
  14. http://www.jasagambar.netne.net

    bagi anda yang ingin memakai jasa gambar tekla . harga bersaing

    ReplyDelete
  15. @Drie:
    Sentinel tidak dipergunakan untuk menginstall Tekla.
    komponen yang terpenting adalah (Dongle = untuk V.13.0 ke bawah) dan Flexnet untuk V.14.0 ke atas.
    Masukkan server license ( license management). kalau perlu tambahkan BAT di folder Tekla_Structures/nt/bin/user.ini
    "SET XS_LICENSE_SERVER_HOST=(nama server licensenya)"

    @Nugraha:
    Setahu saya Vista (64bit) belum compatible dengan TS V.14.0 ke bawah)
    tetapi sudah compatible di V.15.0)

    @Basuki:
    Secara default harusnya sudah bisa.
    Pastikan dahulu sebelum create NC files, set ke TRUE
    di advance option/CNC/XS_TUBE_UNWRAP_USE_PLATE_PROFILE_TYPE_IN_NC

    Regards.

    ReplyDelete
  16. halo mas nugraha
    mas mo tanya kenapa kita tidak bisa nampilin dimensi di G.A.Drawing diposisi perspectivenya misalnya untuk elv...soalnya saya dah coba di gambar tower .dan itu tidk bisa...sedangkan diprogram bocad bisa dimunculin...tq

    ReplyDelete
  17. saya ingin belajar/ kursus tekla dimana ya. posisi saya di surabaya.

    ReplyDelete
  18. met sore mas....
    tlng informasi alamat provider di indonesia yang menjual program tekla-structure yang licence.
    Thx bfr.

    Aldrias

    ReplyDelete
  19. Aldrias,

    alamatnya diambil dari http://www.tekla.com/international/Pages/contact-us.aspx
    Tekla (M) Indonesia Representative Office
    Talavera Office Park 28 floor,
    Jl. T.B. Simatupang Kav. 26
    Jakarta 12430
    Indonesia
    Tel: +62 21 7599 9858
    Fax: +62 21 7599 9859
    www.tekla.com/my
    atau hubungi Ajie, yang kebetulan rekan kita juga p.ajie(at)tekla.com
    semoga membantu

    ReplyDelete
  20. mas nugi, mo tanya, saya lagi buat gambar ducting , ada masalah waktu bikin bentuk bulat ketemu kotak , material yg dipakai pelat tebal 16mm .
    caranya gimana ya mas? trims banget..
    kebetulan saya baru liat blog ini, saya amat tertarik semoga
    semakin sukses.. bravo tekla indonesia

    ReplyDelete
  21. saya dulu pernah dapat ducting kaya gitu tahun 2005. waktu itu (TS 10) di Tekla cuma bisa buat modelnya aja, walaupun pake custom section (buat sendiri). tapi TS masih belum bisa buat gambar bukaan/hamparan platenya. padahal gambar hamparan ini yang diperlukan workshop, bukan modelnya. jadi akhirnya saya buat manual pake AutoCAD (relatif mudah sih sebenarnya). mulai TS12 sudah tersedia profilnya (kalo gak salah namanya ROUNDRECT), tapi tetap belum bisa buat hamparannya. lalu di TS14/15 kalau nggak salah saya pernah baca TS sudah bisa buat hamparannya, tapi belum pernah saya coba. jadi kalo Priyanto pakai TS14/15, mungkin dicoba aja: pake profile ROUNDRECT, trus buat single partnya dengan setting "workshop form". kalo gak bisa, coba buat manual.
    Kunci dari pembentukan ducting ini sebenarnya adalah kumpulan dari banyak segitiga, yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk duct. Kalau bisa membuat ini, lalu segitiga2 itu dicopy/move ke satu plane/bidang yang sama, dengan pengaturan yang hasil akhirnya mirip dengan bentuk "kipas tangan". Jadi seolah2 anda "mempreteli" (bahasanya hahaha) segitiga2 itu, lalu menaruhnya di lantai. Supaya tetap satu marking, di-part add aja semuanya jadi satu part. garis2 antara segitiga itu yang perlu dikasih dimensi, sebagai panduan orang workshop untuk membuatya. Maaf ya kalau susah dimengerti karena cuma lewat kata2. Tapi kalau anda sudah pernah/mengerti buat ini di AutoCAD, harusnya mudah mentranslatenya ke TS. Mungkin nanti saya buat satu thread khusus untuk ini supaya lebih jelas.

    ReplyDelete
  22. Asslkm,

    Kabar baik Kami harapkan untuk rekan yang tergabung di Forum TS Indonesia.

    Great Job buat Mas Nugi 'udah banyak memberikan Jwb dan panduan serta Tips buat rekan2 yang menggunakan Soft' TS. Semoga Kami bisa bergabung terus dengan rekan2 semua pada setiap event terbaik. :)

    Godluck Mas Nugi !

    Wasslkm,

    J_R

    ReplyDelete
  23. Urgent nih,

    tolong yang tau kisaran harga TEKLA 1 license.

    saya hubungi representative office di jakarta, katanya Person incharge nya lagi diluar, sudah gitu diminta email gk dikasih lagi.
    anyway, selain itu ada lagi gk vendor lain yang jual TEKLA Software.

    ReplyDelete
  24. Untuk Tekla representatif untuk Indonesia, hubungi aja bapak Ajie (p.ajie[at]tekla.com). Untuk kisaran harga, kalau tidak salah antara USD 15-20 ribu. Kalau baru memulai bisnis, ada baiknya dipertimbangkan untuk beli yang versi ringan (Light) yang harganya biasanya setengah dari harga full license. Tapi light version ini ada beberapa batasan, salah satunya max 20.000 objects dalam satu model. Biasanya sih ini cukup untuk buat project-project kecil (kan bisnisnya baru mulai). Tapi kalau modelnya besar, baiknya dipisah-pisah jadi beberapa model kecil. Satu lagi, kalau anda masih kuliah, kalau tidak salah Tekla punya deal khusus buat kampus yang mau menggunakannya untuk tujuan pembelajaran. Soal harganya, saya kurang tau, tapi mungkin saja malah gratis?
    Mudah-mudahan yang punya info lebih jelas tentang ini bisa menjelaskannya.

    ReplyDelete
  25. maaf...mas saya mau nanya mw bljr tekla gmn?? mdsudnya ad buku gitu??? maklum bru mw bljr... thx infonya.. SUKSES teruz y!!

    ReplyDelete
  26. Hi Monika,
    Yang pasti Tekla Indonesia ada menyediakan training. Selain itu, sampai sekitar 4 tahun lalu sih ada di dekat Wisma Bakrie di jalan Buncit Raya, JakSel. Tapi nggak tau apa masih ada sekarang. Beberapa teman juga menyediakan training, tapi biasanya untuk perusahaan/berkelompok. Salah satu reader blog, "Muhotar", sepertinya sudah membuat buku tentang Tekla. Silakan liat comment Muhotar di posting tentang-detailingtheworld. Kalau sudah baca, akan sangat dihargai jika Monika mau berbagi opini tentang buku tsb.

    ReplyDelete
  27. wah kebetulan banget nich baru nemu blog tentang tekla, baru belajar neh? pengen belajar, ada yang menyediakan buku atau tutorial di blog indonesia gak ya? salam buat rekan2 semua

    ReplyDelete
  28. maaf,,,,,mohon informasinya mas, kira2 ada nggak tutorial ataw buku tekla Structuresnya yg sampai penyajian shop drawingnya, soalnya banyak tutorial sy download mas, shop drawingnya nggak ada, sebelumx trima kasih mas......

    ReplyDelete
  29. maaf ikutan nimbrung...
    adakah informasi loker buat drater tekla..?
    karna saya cari di internet susah banget..
    makasih

    ReplyDelete
  30. wes , lumayan nih ,,
    boleh ikit gabung ??

    ReplyDelete
  31. assalamualaikum. salam kenal mas nugi, mo tanya untuk bukaan pipa klo diameter nya sama suka nggk bener hasil nya mohon pencerahan nya..makasih

    ReplyDelete
  32. waalaikumsalam, Kusnadi. ya memang salah satu hal yang perlu ditingkatkan Tekla adalah kehandalan dalam menangani pipa. sambungan pipa-pipa memang sering bermasalah. salah satu triknya adalah mengubah rotasi pipanya (salah satu), dengan cara trial and error. satu cara lagi, dengan memperbesar diameter pipa pemotongnya (cut part-nya), atau kalau pakai component, perbesar gap potongannya. semoga membantu.

    ReplyDelete
  33. mau nanya nich mas, dmna ya sy bisa kursus tekla yg bersertifikat?
    thx

    ReplyDelete
  34. Sebelumnya trimakasih bnyak, yg gmbr ducting bulat ktemu kotak sdh dicoba di TS 15 ada cuma memang bukaanya belum ada, jd msh manual pake autocad.

    untuk gambar soft drawing bracing tampilannya di TS 14 tidak bisa miring seperti di modelnya ya?

    sama ini mas nug, kalo gambar beam bentuknya kaya keong itu pake polybeam kan z-nya itu beda-beda, klo sdh 4 tekukan kok gak bisa nerus lagi ya? apa tekla sdh membatasi 4 tekukan aja atau gimana mas?

    maaf baru muncul nih......

    ReplyDelete
  35. ada noh di rekayasa tapi freelanch mau gag?

    ReplyDelete
  36. maaf sebelumx mas nugraha
    sy cm mw saran aj.....
    sepertinya blog ini hanya seperti tempat jual beli aj..
    sebagaimana forum2 yg sy kunjungi (wiryanto blog, suyono nt, atw arjogja dll),biasanya tutorial2 ataw referensi, memang ilmu mahal harganya, tetapi tujuan dibuat blog ini apakah hanya sekedar jual beli atau betul2 sbg sarana untuk berbagi ilmu....lebih dan kurangnya saya minta maaf
    regard
    wahyoe

    ReplyDelete
  37. assalamualaikum. salam kenal mas nugi, mo tanya gmn caranya import template dari autocad ke tekla?

    terima kasih

    ReplyDelete
  38. waalaikumsalam. di template, untuk mengimport object dari autocad adalah: Insert > File.
    satu hal yang penting, object yang berupa block tidak dapat diimport. karena itu block-nya harus diexplode dulu di autocad. explode berkali2 untuk memastikan tiap object adalah berdiri sendiri

    ReplyDelete
  39. Ada beberapa pengunjung blog ini yang dengan maksud baik ingin berbagi materi-materi untuk bisa dipelajari oleh pengunjung blog ini. saya apresiasi langkah ini. tapi mohon diingat, materi2 tsb haruslah milik sendiri, atau sudah mendapat izin dari pemilik sebenarnya. kita tidak ingin melanggar hak cipta, selain untuk menghindari masalah hukum, juga karena kita ingin menghargai si pembuat/pemilik sebenarnya. kita ingin membuat blog ini dengan penuh integritas. saya kira semua paham bahwa sebagai detailer, integritas kita sangat penting.

    ReplyDelete
  40. Assalamu Alaikum WR WB,,
    maaf sebelumnya,,sy sedang dalam peroses belajar tekla,,,namun saya bingung mendapatkan informasi tentang program ini,,sampai akhirnya saya dapat blog ini,dan sy sangat berharap bisa bergabung,,
    dan sekarang dalam mempelajari program ini saya dihadapkan masalah pengimputan pembebanan,dan bagaimn caranya Link ETABS TO tekla,mohon penjelasannya,dan info tentang seminar mengenai program ini,THanks,,,

    ReplyDelete