Sunday, February 15, 2009

Tips: melihat web viewer Tekla buat non-admin

Permasalahan yang paling sering dihadapi oleh user yang account-nya adalah non-admin, biasanya tidak bisa membuka web viewer Tekla. Padahal feature ini penting untuk koordinasi, misalnya antara detailer dengan engineer tentang permasalahan di suatu tempat yang hanya bisa dipahami dengan melihatnya secara 3d (yang bisa dirotate). Pesan paling populernya kira-kira: "Error: WebViewer active-x control could not be loaded. You might not have the needed permissions to install the component". 

Cara menyelesaikan masalah ini adalah, anda perlu login sebagai administrator (misal minta orang IT login atas account-nya). Buka sebuah web viewer file. Anda akan diminta untuk meng-install Active-X (sebuah plugin di Windows). Klik yes, ijinkan windows untuk menginstall semua yang diperlukannya, pastikan sampai anda bisa melihat isi web viewer tersebut. Lalu anda boleh logout sebagai admin tadi, dan login kembali atas user account anda. Sekarang anda bisa melihat web viewer manapun, tanpa harus login sebagai admin lagi.

Regards,

Nugraha

10 comments:

  1. Siang Pa Nugraha....
    Saya mau tanya nih di Tekla 14 untuk Create Project Properties dimana ya?.....Terimakasih.
    Salam,
    A.Setiawan

    ReplyDelete
  2. hai..
    Mulai versi 14, menu memang diatur kembali. buat yang sudah biasa dengan menu yang sebelumnya, memang akan sedikit bingung mencari suatu perintah. tapi ini clue-nya: menu dan sub-menu disusun berdasarkan urutan kerja dalam detailing:
    1. Settings
    2. Modeling
    3. Detailing (buat connections dsb.)
    4. Drawing

    Jadi jika mencari suatu perintah, ingat saja anda berada pada tahap yang mana. Karena secara logic membuat Project properties adalah setting-setting diawal project, maka perintah itu termasuk di menu "File", paling bawah sebelum Exit.

    regards,
    Nugraha

    ReplyDelete
  3. Pa Nugraha....
    Terimakasih banyak....
    Salam,
    A.setiawan

    ReplyDelete
  4. Mas Nugi.....di menu File paling bawah sebelum exit ko ga ketemu ya?

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Pak Nugraha.

    Saya seorang engineer, dan sekarang sedang memperdalam Xsteel.
    Pak Nugraha bisa tolong diinformasikan langkah-langkah dalam menganilisis steel detailing menggunakan xsteel 13.0.

    Terima kasih sebelumnya atas sharing ilmunya.

    Salam
    Sepriyandi

    ReplyDelete
  6. Harry, harusnya ada disitu... ;)

    ReplyDelete
  7. Sebelumnya saya minta maaf tidak bisa membahas ini secara detail, karena saya kurang familiar dengan penggunaan A&D (analysis and design). Yang pernah saya liat pada launching Tekla adalah prinsipnya kurang lebih sama dengan langkah2 analysis software lainnya (SAP, STAAD, dll). bedanya di Tekla menggunakan bentuk member size yang exact (bukan cuma garis). Jadi kurang lebih: model member-member utama (dengan work points yang selalu bersambung), model load-nya (uniform load, 2D, 3D, atau sekedar point load), jalankan Analysisnya, nanti akan keluar reportnya. hasil dari analysis ini (shear, axial, moment) bisa diimport ke dalam tiap member's ends untuk keperluan pembuatan koneksi.

    Kalau ada yang bisa mejelaskan lebih detail, silakan hubungi saya, untuk dimasukkan sebagai post, bukan sekedar comment. Karena info ini sebenarnya sangat bagus.
    Terimakasih,
    Nugraha

    ReplyDelete
  8. Mas,ada referensi untuk pemula belajar tekla???klo ada dikirimi dong ....

    ReplyDelete
  9. untuk bbrp alasan properties project ini tidak ditemukan di menu file, mas harry bisa coba dari menu tools=>macros

    semoga berhasil :)

    ReplyDelete
  10. mas tayosi d macros mank bisa ganti -ganti project propertiesnya.klo kita ganti kop sendiri.misalkan kita mengimport dari autocaad.masih bisa pake project properties g?

    ReplyDelete